tsumami kanzashi

traditional tsumami kanzashi (versi yang sangat simpel :p)

bunga-bunga kain yang dibuat dengan teknik tsumami

Banyak orang hanya mengenalnya sebagai kanzashi, bunga yang dibuat dari kain yang dilipat. Sebenarnya bunga ini adalah tsumami kanzashi, satu dari sekian jenis kanzashi. Kanzashi adalah hiasan rambut yang dipakai pada tatanan rambut tradisional Jepang.

Tsumami kanzashi (tsumami = salah satu teknik melipat, kanzashi = hiasan rambut) ini memiliki tampilan sederhana yang mempesona. Suwerrrr…..saya terpesona ketika pertama kali melihatnya bertahun-tahun yang lalu. Sayangnya saya hanya sekedar terpesona tapi belum tergerak untuk membuatnya. Baru setahun ini saya membuat tsumami kanzashi untuk melengkapi jualan di toko online saya. Kebanyakan desainnya mengadaptasi gaya tradisional karena memang tujuannya sebagai pelengkap pemakaian yukata.

sirkam dengan rangkaian bunga tsumami yang pernah saya buat

Aslinya tsumami kanzashi ini dibuat dari sisa-sisa kain untuk kimono. Terkesan berat dan jadul mungkin. Akan tetapi dengan sedikit kreativitas, tsumami kanzashi ini bisa juga dipakai secara lebih modern. Bisa dengan menggunakan kain yang berpola masa kini atau memadukannya dengan bahan yang lebih populer seperti rantai dan manik-manik.

sedikit sentuhan masa kini

Susah ga buatnya? Hmmm….pertama kali membuat itu susah sekali! 1 kelopak bunga biasanya dibuat dari kain berukuran 1×1 inchi. Kain ini lalu dilipat dan disambungkan dengan kelopak-kelopak lain untuk membuat bunga. 1 bunga bisa terdiri dari 4-9 kelopak tergantung jenis dan selera pembuat. Buat yang tertarik membuat berikut ini panduan yang saya pakai kita pertama kali membuat. Untuk awal buatlah dari kain berukuran 2×2 inchi supaya tidak susah untuk membuatnya. Setelah terbiasa dan mengerti polanya baru coba dengan ukuran yang lebih kecil. Gunakan kain katun yang tipis supaya tidak licin ketika melipat. Selamat mencoba :)

tutorial ini diambil dari http://kurokami-kanzashi.deviantart.com/art/Kanzashi-Tutorial-Part-2-43068363. silakan cek di sana untuk melihat tutorial lebih lengkap :)

 

 

This entry was posted in accessories and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>