Me and Kitsuke

Di dua event terakhir, akhirnya saya memberanikan diri ber-kitsuke ria mengikut jejak partner in crime, Yuki. Meski selama 5 tahun terakhir mencari uang dengan menjahit yukata, kesempatan untuk memakai yukata bisa dihitung dengan jari. Ah, mungkin tepatnya keberanian. Iya, saya hanya berani memakai yukata ketika ada event jejepangan, itupun awalnya terasa sama sekali tidak nyaman.

Yes, it's me and Yuki. Saya yang kiri, semua properti yukata dan teman-temannya adalah koleksi Yukata. Saya suka motif-motif seperti polkadot, kotak, atau geometris. Simpel!

Rasa tidak nyaman itu hilang setelah saya tahu kesalahanku ketika ber-kitsuke (memakai kimono). Dulu saya pikir hanhaba obi (obi dengan lebar 15 cm) akan lebih nyaman daripada fukuro obi (obi dengan lebar 30 cm), ternyata tidak seperti itu. Hanhaba obi memang pada awalnya tidak terasa menyiksa perut tapi cepat rusak ketika dipakai lalu lalang bergerak ke sana ke mari. Sementara nagoya obi yang lebih tebal dan kaku ketika dililitkan akan bertahan di tempat lebih lama. Meski terasa tidak nyaman di awal setelah 10-20 menit rasa tidak nyaman ini akan menghilang dengan sendirinya.

Taiko musubi. Ini obi buatan sendiri yang dibuat jadi tsuke obi karena ketersediaan kain yang mepet. Kainnya mahal >_<

Ah ya, saat menulis ini saya baru sadar satu hal. Sudah sekian tahun berlalu sejak terakhir mengikuti event dengan nama ‘sabishigaru’. Terakhir adalah 2 tahun lalu di event Hellofest. Akhir-akhir ini saya hanya sebatas partner yang membantu rental yukata teman. Seperti nama asli yang mulai jarang digunakan kecuali untuk urusan perbankan, nama sabishigaru juga mulai jarang saya munculkan. Dulu meski aneh nama sabishigaru tetap saya gunakan untuk suatu tujuan tertentu. Sekarang tujuan tersebut sudah tidak terasa penting lagi jadi nama sabishigaru tidak lagi terasa seperti nama yang harus tetap dijaga keeksisannya. Jangan tanya tujuannya apa ya heheh. Tsaaah mendadak perasaan mellow begini :p

 

This entry was posted in yukata and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Me and Kitsuke

  1. Rinei says:

    Heeey aku kangen lah padamu :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>